Babak Hidup Baru #1

Walla!

Lama sekali ga jenguk “rumah maya” saya satu ini, rasanya sarang laba-laba sudah memenuhi setiap sudutnya, saking lamanya .. Terakhir sy menulis sekitar setahun lalu. saat masih hamil 4 bulan, setelah itu sy bahkan ga sempet lagi kepikiran nulis disini. semua karna Tsabit!! siapa dia? Yuk, kenalan..

tapi sebelumnya sy mau merangkum beberapa peristiwa selama saya vakum menulis, maap kalo jd rada panjang ya postingan kali ini, ehe..

– 27 Mei 2014 – September 2014

Waktu itu di usia kehamilan sy yg memasuki 8 bulan, sy masih betah berdua saja bersama suami dirumah kami di Bandung. menikmati rutinitas saya sehari-hari menunggunya pulang kantor sambil bekerja juga dr rumah, memasak untuk makan malamnya nanti sambil bercakap ria dengan calon manusia baru yg akan lahir ke dunia. Satu hari sy merasa perut saya agak aneh, seperti mules tiba-tiba.. sy bergegas ke kamar mandi untuk memastikan apa yg akan terjadi. Singkat cerita, saya mengalami kontraksi, darah segar keluar dr mulut rahim saya. Sambil mencoba menenangkan diri, saya berusaha bangun.. posisi sy saat itu lemas sekali, sy sudah bersandar di dinding kamar mandi menahan mules sedari tadi, tapi ternyata bangun saja saya merasa payah 😦

Sekuat tenaga sy ngesot masuk ke dalam kamar, meraih handphone dan menghubungi suami dikantor. “tring…” ya ampun, ternyata hp suami tertinggal. padahal sebelumnya ga pernah sama sekali.. saya coba tetap tenang demi jabang bayi didalam perut agar ia tak ikut stres karna ibunya. saya coba menghubungi papa mama mertua di Indramayu sana, ternyata juga ga ada jawaban, pun juga tak biasanya begitu. satu-satunya adalah sy menghubungi bapak saya di Jogja -beliau adl duda dg 5 anak yg tidak menikah lagi- dan jawaban ajaib saya dapatkan “waduh, udah kamu ke RS aja,nok..jangan lupa bawa handuk dan sarung!” sontak hilang kecemasan sy berganti tawa, bagaimana tidak? kata2 bapak sy yang sudah berpengalaman menemani almarhum ibu saya melahirkan 5 anak dg normal bersama bidan (malah sy lahir dikamar) bekal org melahirkan hanya handuk dan sarung! Ajaib! -iya, bapak sy yg ajaib- :p

tak mau menunggu lama, karna dr remaja sudah terbiasa ambil keputusan sendiri, sy putuskan untuk pergi ke RSIA Harapan Bunda, sy bawa perlengkapan secukupnya dan berjalan ke depan komplek sekitar 600m untuk naik angkot, sampai di gang menuju RSIA sy masih harus berjalan lagi sekitar 500m karna saat itu sy ga menemukan becak/ojek untuk ditumpangi. Jadilah sy dan calon anak saya ini berusaha berdua. singkatnya, sy mengalami kontraksi ringan karna keletihan. mungkin saking senengnya kadang sy ga merasakan aktivitas sy sehari-hari. Tapi untung saja Allah SWT memberikan kesempatan sy untuk ingat lagi bahwa sy tetap harus menjaga kesehatan saya dan bayi saya.

Sejak kejadian itu mama papa mertua meminta sy untuk tinggal bersama mereka di Indramayu, kota pesisir yg panasnya nomor satu. waduh, udah kaya cacing kena garem beberapa hari disana, bisa mandi 3kali sehari, plus keramas. biar seger! Tapi kasihsayang mama papa tak terkira selama sy disana..

– 02 – 04November 2014

IMAG0310

Usia kandungan masuk angka 9 bulan! wooshaa.. sejak hari pertama sy tau sy hamil sampai 9 bulan berat badan saya ga naik satu kilo pun, semua orang khawatir bahkan mama sampe stres takut sy kurang gizi. dokter bilang aman aman saja karna postur tubuh sy yang tinggi, normal terjadi. sementara bayi dalam perut sudah masuk 3 kilo, dan di minggu ke 39 si jagoan belum juga mau lahir ke dunia, dokter bilang HPL nya sudah tiba tapi sy bahkan belum merasakan tanda-tandanya sama sekali, bagaimana ini T.T

Akhirnya sy berdoa setelah sholat, mulai dr stress sampai pasrah..ngobrol sm perut bahwa dia yg didalam boleh keluar kapanpun dia mau, Allah tau kapan waktu yg tepat, buka saya, saya hanya harus bersabar. suami sangat membantu disini, memberi semangat dan segala kalimat positif, saya sangat salut akhirnya dia bisa juga mempersiapkan diri sbg penyemangat dan calon bapak yang baik bagi kami. walaupun tetep banyak an usilnya. *cubit si bapak

Malam tgl 04 November 2014 saya masih berkegiatan seperti biasa, tak merasakan apa apa yg janggal juga. hanya saja pd pukul 20.30 sy merasa pengen jalan jalan, mondar-mandirlah sy didepan tv sampai Oman -adik bungsu suami masih kelas 4 SD- ngomel-ngomel “teh, awas omannya mau liat tv, teteh nya ngalangin nih..” cuek saja saya, tetep jalan.. kurang lebih 20 menit sy merasa aneh, ternyata di cek sudah mulai ada tanda2 siap lahir. saya panggil papa, papa manggil mama, mama panik papa ambil mobil saya masih bingung aja mikir, belum mules sama sekali. kok ga sama kaya yg orang bilang.

Mama langsung memutuskan saya harus ke klinik untuk diperiksa, saya kekeuh bilang besok pagi aja karna ini udah malam, mama bilang “Lah, nanti kalo air ketuban kamu rembes trus abis gimana? gada peralatan medis, masa mau di isi ulang pake galon?” mama saya emang super lucu..

Akhirnya saya manut saja, sebagai anak yg baik kan.. ehee.. sesampainya di klinik masih bukaan 1, sy juga blm mules sama sekali. jadilah sy merem melek di ruang operasi. menunggu si mules yg ta kunjung datang 😦

akhirnya sekitar jam 01.00 sy merasakan mules ringan, masih per satu jam sekali sih.. jd saya mash bisa menabung energi dengan minum teh dan ngemil. mama masih sering bolak-balik nengokin nanyain becandain bawelin,semuanyaa.. Subuh sudah mulai ga stabil mulesnya tp saya masih kuat, masih bisa jalan-jalan dan ngabarin ke suami kalau saya udah masuk klinik. Benar saja, suami langsung meluncur ke Indramayu dr Bandung. Juara!

Singkat cerita, sore pukul 16.00 mules saya sudah tingkat setengah dewa, sudah bukaan 4 dan Tsani -suami- jadi sasaran amukan saya dalam bentuk cemberut, ga ngomel2 atau ngamuk2. saya badmood aja ngeliat dia, bawaannya sewot tapi males ngomel jadilah manyun semeter. mama papa tetangga bergantiang menjenguk, dikiranya saya bakal heboh ngrasain mules taunya malah sy masih bisa curhat sejam soal keluarga saya dan mules juga hilang tak datang disaat yg sama, yg ngedengerin sampe pd kaget :p.

Masuk waktu maghrib mulesnya sudah tak tertahan lagi ya Tuhan! diperiksa baru bukaan 6, what!? rasanya ini udah siap keluar kepala bayinya, susteeer! akhirnya sy dipindah ke ruang operasi untuk persiapan lahiran, jeda mules super yg saya rasakan sudah semenit sekali. bayangin, semenit mules -superb banget3- semenit nya sembuh gt aja. mules antara nyeri haid plus mules mau *maap* pup dikali 100, eh 1000,eh entaaahlaaaah!  yang pasti bawaannya udah mau ngeden aja, trus udah beres kelar sembuh ga mules lagi. Ternyata, menuju bukaan 7-8-9 itu mulesnya nambah dahsyat, kali 100 lagi, eh 1000, eh gatau..! pokoknya saya udah istighfar aja terus, manggil2 mamah..minta ampun sm mamah.. ciumin mamah.. minta ijin ngeden, yang mana slalu di larang sebelum bukaan 10. sy sampe mau nekat aja ngeden meski harus dijait banyak ato bengkak sembuh baru 3 bulan kemudian, tapi dalam otak terngiang pesan temen sy @ayyumayangsari “jangan pernah ngeden sebelum dokter nyuruh” akhirnya demi bisa merawat anak sy, sy bertahan.

suster memeriksa lagi di jam 19.30 “yak, udah lengkap bukaannya neng” wuaduuuh!!!!!!! saya mau ngeden tapi sempet lupa caranya.. *panik3

“tapi jangan ngeden dulu ya..”

“kenapa mbaa?”

“sebentar lagi”

saya duga pasti karna dokter belom dateng, “Ngga usah nunggu dokter segalaaa!” saya marah.

“ngga kok, sy siap2 dulu buat bayinya”

sejurus kemudian dokter muncul, naaah kan bener pasti nunggu dokter. sebeeeel 😦

“oke, mba dewi ngeden kalo mules aja ya”

“dok…bantuin dok,”

proses mengedan berlangsung 5 kali dengan dua kali tarikan nafas di setiapnya, bayi blm bisa keluar karna belum utuh kepala yg lahir, selama proses tsb rasanya sudah ga karuan, sy sampai pamit ke mama dan nitip anak saya, saking merasa mau menyerah saja.. tapi mata Tsani, suami sy yg super cuek itu datang pd saya dan meyakinkan saya harus bisa, demi anak kita.. detik2 itu adl detik ter-romantis selama kami bersama *alalalaaah*

akhirnya di kali ke-6 dokter minta sy mengedan full jangan terputus. disemangati mama yg sedari td saya panggil tiada henti, suami yg udah merah mukannya kaya udang rebus menahan haru saya kumpulkan tenaga, bismillah dan mengedan….bersamaan dg itu tulang sy geser semua rasanya.. ajaibnya, semua kesusahan dan keskitan itu terlupa ketika ada tangisan pertama menyapa dunia..

IMAG0367

“Sayang, aku td ngedennya maksimal, belum pernah aku se-ngeden itu seumur hidup. aku kaya mau berubah jd Hulk” kataku pd suami yg lebih milih menemaniku saat proses dijahit sedang yg lain mengurus anak kami diruang terpisah.

“Iya sayang, tadi sayang jelek..” jawab suamiku, baiknya kuapakan lelaki ini ya?

Alhamdulillah kata dokter jaitannya sedikit, sejam setelahnya pun aku sudah bisa bangun dan menimang anakku. belajar menyusui namun belum berhasil, tak apa..toh bayi bisa bertahan 2-3 hari tanpa ASI sejak kelahirannya. yang penting kami sudah lega, syukur alhamdulillah..

Selamat menatap dunia anak lelakiku Pijar Tsabit Nadibumi, lahir 05 November 2014 jam 19.55 WIB di Indramayu dg berat 3,4 kg dan panjang 52cm

Jadilah manusia bahagia, penerang jiwa raga, penyelamat tawa, hidup penuh sukacita. doa bapak ibu slalu mengiringimu sejak hari ini sayang.. Ibu bangga dan bahagia sekali bisa melahirkanmu dengan normal selama 22jam prosesnya, ibu bangga padamu dimana semua orang memberi semangat pada ibu diluar..mereka terlupa untuk juga menyemangatimu didalam, ibu membayangkan perjuanganmu juga saat mencari jalanmu lahir, sempit..gelap..dan kepalamu harus menembusnya dengan kuat, pasti juga sakit dan merusak suasana hatimu. berbanding terbalik ketika kau masih bahagia berenang didalam perut ibu. karna itu di ujung proses kelahiran ibu mengusap perut dan membisikkan “ayo nak, kita saling membantu..ibu akan segera menemuimu dan menciummu..jangan takut, kita kuat bersama”

*berderai airmata*

Terimakasih mama,papa,Oman, Miftahuts Tsani suamiku,saudara di Jogja dan Indramayu.. apalah aku tanpamu *cium satu-satu*

* kesan : ga ada kalimat lain yg bisa sy ucapkan setelah menjalani proses melahirkan selain “sungguh sangat pantas jika surga ada di telapak kaki ibu,sungguh”

Leave a Reply

